ngompro.ngawikab.id- Rabu (09/02) telah diadakan musyawarah desa dalam rangka Penetapan Prioritas Pembangunan Dana Dsa (DD) T ahun 2022 sekaligus musyawarah perubahan rencana kerja Pemerintah Desa Tahun 2022. Acara ini di hadiri oleh Tim II Kecamatan Pangkur ( Sukadi S.Pd, M.Pd selaku Sekretaris Kecamatan Pangkur, Ischak Andre selaku Pendamping Desa), Ketua BPD berserta anggota, Ketua LPMD, PKK, Kader Posyandu, Babinsa Desa Ngompro dari Koramil Pangkur, Ketua RT RW, wakil perempuan, dan Tokoh masyarakat Desa Ngompro.

Dalam sambutannya Kepala Desa Ngompro, Bapak Parminto menjelaskan tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2022

Dengan rincian sebagai berikut :

– Penetapan KPM BLT DD ( 40 %)

– Ketahanan Pangan ( 20 %)

– Penanganan Covid-19 ( 8% )

– Prioritas lainnya ( 32 % )

Tahun ini Desa Ngompro memperoleh DD sebesar Rp. 786.682.000 pagu ini lebih sedikit dari pagi DD Tahun 2021, belum lagi kebijakan PEMKAB Ngawi yang mewajibkan menganggarkan kegiatan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebesar Rp. 35.000.000 tentunya juga akan mengurangi pagi kegiatan fisik.  

Direncanakan tahun ini untuk melakukan pavingisasi seluruh jalan poros Dusun Ngompro sesuai dengan RKPDes yang sudah disusun di Tahun 2021. Namun dikarenakan hal hal yang telah di uraikan diatas kemungkinan hanya sebagian kecil kegiatan pavingisasi yang bisa direalisasikan di Tahun ini. Hal tersebut sangat berdampak pada program kerja pemerintah Desa Ngompro kedepannya untuk tahun selanjutnya kegiatan pembangunan fisik yang semula bergilir disetiap dusun tidak akan terpusat di satu dusun tiap tahunnya, namun akan di prioritaskan juga untuk Dusun Ngompro supaya pembangunan bisa merata. 

Dalam kesempatan yang sama Sukadi, S.Pd ;M.Pd selalu Sekretaris Kecamatan Pangkur, menyampaikan informasi kepada masyarakat Desa Ngompro Kecamatan Pangkur tentang gambaran tahapan-tahapan perencanaan pembangunan di Desa dan menghimbau masyarakat agar tetap menjaga prokes. Desa Ngompro mempunyai prioritas yang harus di kembangkan dan kedepannya akan diadakan festival dengan tema organik. Karena tahun lalu Desa Ngompro menjadi juara 3 Tingkat Nasional Pemuda Pelopor. 

Dalam sambutannya beliau juga memaparkan bawasannya dalam waktu dekat akan di adakan festival organik sekecamatan Pangkur. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat menumbuh kembangkan minat masyarakat terhadap sistem pertanian secara organik. 

Share and Enjoy !

Shares